Sistem Informasi Manajemen Hero Supermarket Tbk.


PT Hero Supermarket Tbk adalah perusahaan ritel yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Perusahaan ini didirikan tahun 1971 oleh (alm) Muhammad Saleh Kurnia. Hero Supermarket Group merupakan suatu grup ritel yang memiliki berbagai format sebagai berikut:
  1. Hero Supermarket
Hero Supermarket didirikan pada tanggal 23 Agustus 1971. Saat ini, Hero Supermarket telah berkembang dan memposisikan diri untuk melayani konsumen di pasar kelas menengah.
  1. Giant Extra
Giant Ekstra bertujuan untuk melayani masyarakat Indonesia dengan harga murah dan produk-produk value for money. Toko pertama dibuka di Indonesia pada tahun 2002.
  1. Giant Ekspres
Giant Ekspres mulai beroperasi pada tahun 2007. Giant Ekspres dikenal sebagai toko value for money bertujuan untuk menyajikan produk sehari-hari untuk seluruh masyarakat luas dengan harga terjangkau.
  1. Guardian (drug store)
Guardian sebagai toko farmasi dan kesehatan dan kecantikan. Guardian memulai bisnis di Indonesia pada tahun 1990, di bawah manajemen PT Rajawali Retail. Pada tahun 1996, Guardian diakuisisi oleh Hero Supermarket.
  1. IKEA
Ide bisnis IKEA adalah menawarkan berbagai rancangan yang didesain dengan baik, produk perabotan rumah yang fungsional dengan harga yang sangat rendah.

Visi dari PT. Hero Supermarket Tbk. adalah “Perintis dalam bidang ritel di Indonesia”.
Misi dari PT. Hero Supermarket Tbk. adalah “Memberikan manfaat ritel modern kepada konsumen Indonesia”.

Penerapan Operating Support System (OSS)  
1. Transaction Processing System (TPS)
TPS yang digunakan oleh PT. Hero Supermarket Tbk. adalah Point of Sale (POS) System. Barang-barang yang dibeli oleh konsumen dibayar melalui Point Of Sale atau kasir dan pada saat itulah dilakukan pencatatan atas transaksi yang sedang terjadi dengan menggunakan Axapta dan SAP, dimana data yang diinput langsung disimpan dan langsung diproses dalam server.

2. Enterprise Collaboration System (ECS)
Sebagai perusahaan ritel, PT. Hero Supermarket Tbk. melakukan pembelian dengan membeli barang-barang dari pemasok untuk menunjang kegiatan usahanya. Kegiatan pembelian tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu menentukan kebutuhan, mencari penjual yang memiliki barang yang sesuai dengan kebutuhan pembeli, penyelesaian harga dan syarat-syarat lainnya. Produk yang dijual harus memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
  1. Menjual barang komplit menurut lingkungan
  2. Menjual barang yang dijual di toko pesaing dengan melihat informasi pasar.
  3. Mengutamakan 20 jenis barang yang laku
  4. Menjual barang penting yang tidak disediakan di toko pesaing
Konsolidasi dan sentralisasi atas kebutuhan logistik berada di pusat distribusi PT. Hero Supermarket Tbk. yang berlokasi di Cibitung-Bekasi. Pusat distribusi ini berdiri sejak tahun 2006.

3. Process Control Systems (PCS)
PT. Hero Supermaket Tbk menggunakan Online Analytical Processing (OLAP) untuk menganalisis data inventori. Aplikasi ini dibangun dalam lingkungan Microsoft SQL Server ditujukan untuk membantu manajemen dalam memperoleh informasi mengenai manajemen inventori yang dikelolanya. Aplikasi yang dibangun terdiri dari tiga modul utama, yaitu modul untuk migrasi data sumber, modul penciptaan data warehouse penjualan, dan modul pembuatan laporan.
Modul migrasi data berfungsi untuk memindahkan data penjualan yang disimpan dalam komputer kasir ke dalam data warehouse yang ditempatkan dalam komputer server. Modul penciptaan data warehouse berfungsi untuk membangun model data multi-dimensi. Sedang modul pembuatan laporan dibangun dengan memanfaatkan SQL Server Analysis Services, Microsoft Excel, dan SQL Server Reporting Services untuk menampilkan informasi hasil analisis.
Kelebihan sistem yang berhasil dibangun ini :
  1. Ketika jumlah suatu barang sudah dikategorikan sedikit (minim), barang tersebut dapat langsung dipesan.
  2. Lebih mudah melihat barang mana yang paling laku dipasaran dan barang mana yang dikategorikan tidak laku jual pada waktu tertentu.

Penerapan Management Support System (MSS)  
1. Management Information System (MIS)
MIS yang digunakan pada PT. Hero Supermarket Tbk. adalah Hero Supermarket Field Management System yang menyediakan aplikasi yang dapat membantu manager gerai cabang dalam business forecasting, inventory management and human resources management. Aplikasi ini akan berupa suatu bentuk pelaporan yang selanjutnya digunakan oleh perusahaan dalam penentuan atau pengambilan keputusan pada sistem penunjang keputusan.
2. Decision Support Sistem (DSS)
Bagi PT. Hero Supermarket penggunaan DSS terlihat ketika setiap manager manager gerai cabang dapat memonitor performance system secara langsung dan interaktif, juga dilengkapi dengan management tool analysis dalam menganalisa business forecasting dan manajemen persediaan.
3. Executive Information Systems (EIS)
Dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi strategis bagi high level management. PT. Hero Supermaket Tbk memiliki divisi IT. Misi dari Divisi IT adalah menjadikan IT sebagai benchmark bagi divisi lainnya dan memenuhi standar IT kelas dunia di bidang retail. Divisi ini dipimpin oleh seorang General Manager yang bertanggung jawab kepada Chief Operation Officer (COO) dan secara organisasi bertanggung jawab kepada IT Director Asia. General Manajer ini membawahi dua orang IT manajer yaitu IT Manager Development & Research, serta IT Operational Manager.  



Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Hero_Supermarket_Group
Sistem Informasi Manajemen Hero Supermarket Tbk. Sistem Informasi Manajemen Hero Supermarket Tbk. Reviewed by Widhi Mahaputra on 05.59 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.