Pembayaran Listrik : Class Diagram, Usecase Diagram, Sequence Diagram dan Source Code


Pembayaran Listrik bisa dilakukan via online, via atm, maupun membayar langsung ke cabang PLN terdekat. Nah sekarang kita akan membahas sebuah program Pembayaran Listrik yang dapat digunakan oleh jasa pembayaran listrik resmi. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana class, usecase, dan sequence diagramnya. Sebelum membahas itu, berikut tampilan aplikasi Pembayaran Listrik (berbasis Java & mysql)

A. Screenshot Program :

1. Menu Utama

2. Tambah Pelanggan

3. Tambah Petugas

4. Tambah Daya

5. Tambah Transaksi

B. Class Diagram :

Class diagram mendeskripsikan jenis-jenis object dalam system dan berbagai macam hubungan statis yang terjadi. Class diagram juga menunjukkan property dan operasi sebuah class dan batasan yang terdapat dalam hubungan dengan object . Class diagram merupakan alat terbaik dalam perancangan perangkat lunak. Class Diagram membantu pengembang mendapatkan struktur system dan menghasilkan rancangan system yang baik.
Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class , package dan object beserta hubungan satu sama lain seperti containment , pewarisan , asosiasi dan lain lain Class memiliki 3 area pokok yaitu : Nama , Atribut dan method.
Class Diagram Pembayaran Listrik :

C. Usecase Diagram :

Use-case Diagram adalah deskripsi dari fungsionality pada sistem. Penjelasan dari use case biasanya dibuat dalam teks sederhana sebagai pendokumentasian pada simbol use case, tetapi dapat juga digambarkan menggunakan activity diagram.
Usecase Diagram Pembayaran Listrik :

D. Sequence Diagram

Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu.
Sequence Diagram Pembayaran Listrik :
1. Petugas

2. Pelanggan


3. Daya

4. Transaksi

E. Source Code

Source code program Pembayaran Listrik bisa dilihat disini.
Program berbasiskan JAVA dan database MYSQL.

Terima kasih, sekian ulasan mengenai Aplikasi Pembayaran Listrik.
Pembayaran Listrik : Class Diagram, Usecase Diagram, Sequence Diagram dan Source Code Pembayaran Listrik : Class Diagram, Usecase Diagram, Sequence Diagram dan Source Code Reviewed by Widhi Mahaputra on 00.21 Rating: 5

4 komentar:

  1. kak souce codenya ga bisa dibuka linknya

    BalasHapus
  2. This way my friend Wesley Virgin's story starts in this shocking and controversial VIDEO.

    Wesley was in the military-and soon after leaving-he discovered hidden, "self mind control" tactics that the government and others used to get whatever they want.

    These are the same secrets many famous people (notably those who "became famous out of nowhere") and top business people used to become rich and successful.

    You probably know that you utilize only 10% of your brain.

    Really, that's because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Perhaps this thought has even occurred IN YOUR very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain 7 years ago, while riding an unregistered, beat-up bucket of a car with a suspended driver's license and with $3 on his banking card.

    "I'm so frustrated with going through life paycheck to paycheck! Why can't I become successful?"

    You took part in those questions, isn't it so?

    Your success story is waiting to happen. All you need is to believe in YOURSELF.

    CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.